Health Nutrition

7:06 PM Iffa Karina 4 Comments

Assalamu'alaikum para pembaca. Kali ini aku mau sharing tentang bidang yang akan kutekuni seumur hidupku (halah).

Seperti yang kalian tau... Atau kalian gak tau? Gak kepo. Err... lanjut fa plis.

Aku sudah menjadi bagian dari keluarga mahasiswa gizi kesehatan UGM. Ya, memang luar biasa sekali berada di sana. Nah, aku mau berbagi sedikit tentang apa sih yang dipelajari di gizi?
Sebelumnya, mau nambahin sesuatu. Waktu lecture agama beberapa minggu lalu, dosennya kebetulan juga lulusan gizkes UGM. Nah, katanya, waktu prodi Gizi Kesehatan pertama kali dibuka di UGM pada tahun 2003, peminatnya begitu banyak. Satu kursi direbutkan oleh seratus berapa orang gitu... wew. Ketat banget men. Ketat banget. Dan tahun ini, 2013, peminat gizikesehatan UGM juga melonjak, walaupun gak sebanyak yang dulu, tetapi gizi kesehatan adalah prodi saintek (IPA) yang paling diminati diantara prodi saintek lain di UGM.

WHAT? Ngelebihin pendidikan dokter dong? Surprisingly, that's true.

Kata dosennya, macem siklus 10 tahun gitu, 2003, 2013, jadi peminat gizi yang 10 tahun lagi... kalo sekarang masih... 7 tahun? Masih kelas 2 SD wkwk. Bersiap-siap ya dek, hahaha.

Gak terkecuali kamu! Iya kamu! Seandainya kamu sekarang adalah siswa kelas 3 SMA yang lagi labil-labil milih jurusan. Gizi adalah prodi yang tepat! #promosi

Eh fa, tujuan kamu nulis ini kan mau sharing bukan mau promosi.

Ya... beda tipis lah ahahaha... Oke.

Aku lebih menjurus ke gizi di UGM ya, soalnya aku kan kuliah disini huehehe, belum begitu tau di universitas lain. Kalo pembelajarannya mungkin secara overall beda tipis.

Question #1. Apa sih Gizi Kesehatan UGM?

Gizi Kesehatan adalah salah satu program studi di UGM. Masuknya di Fakultas Kedokteran kayak di UNDIP. Kalo di UI masuknya di FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat), di IPB masuknya di FEMA (Fakultas Ekologi Manusia).  Prodi termuda di FK, baru berdiri tanggal 2003. Banyak peminatnya. Walaupun lack of boys haha.

Question #2. Kalo udah lulus kerjanya gimana?

Ah, pertanyaan itu. Quote bulan ini tentang gizi adalah quote terfavorit dari dosen filsafat ilmu...

"Ketika manusia tidak butuh makan, disana lah ahli gizi tidak dibutuhkan. Tapi selama manusia butuh makan, disana lah kalian dibutuhkan."
- Pak Toto S.

Luar biasa sekali bukan? Dan manusia akan selalu butuh makan buat membentuk energi dan lain-lain :3

Nah, setelah lulus, kamu akan bergelar : (nama) S.Gz. Kecuali kamu ngambil program profesi, selain S.Gz, entar "RD" bakal nyangkut di nama kamu juga. Lulusan gizi bisa kerja di rumah sakit, di fitness atau gym atau semacamnya, di lembaga pemerintah, di industri juga bisa...

Terlebih lagi, kalau kamu adalah seorang perempuan.... Eng ing eng... Ada orang bilang "Istri idaman itu yang jago masak." NAH! Cocok banget gak tuh? Hehe... Ampun, aku masih kecil... But seriously, ketika aku milih gizi aku juga pertimbangkan masa depanku. Tentu gak ada ilmu yang gak bermanfaat, cuman kalo punya ilmu yang bisa bermanfaat seengganya buat keluarga sendiri, kenapa engga? :3

Question #3. Apa aja yang dipelajari di Gizi Kesehatan UGM?

Nah, we are getting to an interesting part. Karena aku baru semester 1 yah... kita bahas soal semester satu dulu aja ya. Di semester satu PSGK (program studi gizi kesehatan) UGM, aku menempuh 22 SKS dengan 11 matkul yang... cukup menyenangkan hahaha.

Kita mulai dari yang umum!

1. Kewarganegaraan.
Yah, kalo di SMA kalian kenal dengan PKn. Sebenernya sih sama aja. Hohoho. Bingung mau describe matkul ini gimana. Yah, tiap minggu ada tugas tentang materi minggu depannya~ Sekian.

2. Pancasila
Bingung ya kenapa udah ada KWN eh ada Pancasila juga. Hm. Sebenernya, ini membahas dua pembahasan yang berbeda. Di KWN membahas tentang kamu sebagai warga negara, dan di Pancasila membahas karakter kamu sebagai penganut ideologi Pancasila. Err... terlalu berat ya? Cicipi lah sendiri ketika anda menikmati kedua matkul itu hihihi

3. Filsafat Ilmu
Eng ing eng.... Apalagi ini? Jelas beda sama 2 matkul yang diatas. Disini akan dibahas mengenai hakikat ilmu, dan hakikat ilmu gizi. Apa itu hakikat? Entah aku juga bingung huahahaha. Pokoknya di kuliah ini kamu bakal menemukan serentetan kosa kata baru yang keren namanya dan keren pengucapannya hahaha. Kuliahnya ada dua dosen berbeda, yang pertama ngebahas filsafat secara umum yang bisa bikin kepala botak seketika (just kidding) dan dosen kedua membahas filsafat gizi yang amat menyenangkan karena bapaknya sering memberikan kita kisah-kisah menariknya~

4. Pendidikan Agama Islam
Yah, karena aku muslimah (tjie) jadinya ya ambil matkul ini. Seperti saat kita belajar agama dari SD-SMA. Yang menyenangkannya adalah, disini kita akan menguak gizi dan kesehatan dalam pandangan Islam. Kece banget gak tuh :3

5. Bahasa Indonesia
Semuanya benar, cari yang tepat. Quote dari aku untuk pelajaran bahasa indonesia ini. Ya, pastinya matkul ini belajar tentang bahasa indonesia yang baik dan benar. bUk4n Y@n6 |<aY4k 91n! l0h y44h!
Hahaha, maaf telah merusak mata kalian ._. Matkul ini sering presentasi kelompok~

6. Biologi Sel dan Molekuler
Akhirnya bukan matkul umum <3 hihihi. Jaman dulu (halah) ni matkul namanya Biologi Manusia. Kenapa diganti? Aku juga lupa hahahaha. Yang pasti pasca-lecture selalu ada post-test yang selalu nikmat untuk dilahap huahaha. Matkul ini akan menyenangkan buat kamu yang cinta biologi. Yah, bahasannya masih kayak SMA yang struktur sel, meiosis, mitosis, la la la~ Tapi lebih mendalam, dan membuat hidup menjadi lebih sulit huahaha.

7. Kimia Organik
Disingkat Kimor. Atau K.O. Jelas bikin KO beneran wkwk. Di matkul ini kita akan dipusingkan dengan ikatan-ikatan kimia (bukan ikatan kamu dan aku), alkana-kena-kina, benzen, aldehid, keton dan teman-teman sejawatnya, juga ngebahas gizi makro (karbohidrat, lipid, protein) secara kimiawi. Apalagi masalah bioenergetik! (No offense) Tapi baru aja kemaren aku mendapatkan kuliah yang sama sekali tak ada kimianya, dan justru kuliah itu kuliah pertama kimor yang amat sangat menyenangkan. #IfYouKnowWhatIMean. Ohiya, mau tau kenapa omega-3 dan omega-6 namanya seperti itu? Tunggu kuliah lipid di matkul ini (y)

8. Psikologi
Uyeay! Buat kamu yang mau masuk psikologi tapi nyasar di gizi pasti seneng deh ada matkul ini. Yep, pastinya matkul ini membahas tentang kepribadian, perilaku, pikiran, emosi, dan lain-lain. Apa hubungannya sama gizi? Ya jelas ada lah. Kan sebagai ahli gizi harus mengerti klien(?)nya :3

9. Anatomi
"(A)neh (NA)manya (TO)bat (MI)kirnya", said one of the asdos. Menurut pak... *piip*, anatomi adalah ilmu yang memotong dan mengurai. Err... Yang jelas matkul ini mempelajari tentang organ-organ yang ada di tubuh kita. Buat anak gizi matkul ini akan dibahas secara umum, gak kayak anak PD(Pendidikan Dokter) atau IK(Ilmu Keperawatan) yang bakal membahas anatomi lebih dalam... dan lebih dalam... Dan matkul ini merupakan satu-satunya matkul yang mengharuskan kita buat praktikum di semester pertama! Yeay! -_- Bahkan praktikum bisa langsung dilakukan di minggu kedua kamu kuliah ._.

10. Matematika
Nah loh! Kenapa masih ada matematika? WHHHHYYY?! Well, gakpapa sih. Aku fine-fine aja. Kadang rindu sama pelajaran yang menghitung dan memecahkan sebuah soal rumit (TAPI BUKAN FISIKA LOH!). Yah, pelajaran ini cukup mengocok perut dan memicu adrenalin seperti saat naik roller coaster. Belajarnya kayak SMA kok, turunan, limit, integral, matriks. Tapi semuanya akan dibuat lebih complicated.

11. Gizi Dasar
Yeaaay! Out of 11 matkul, cuma 1 yang ada greget gizinya! Wkwkwk. Yah, pastinya kita bakal diajarin tentang zat-zat gizi, sedikit digesti dan embel-embelnya, juga menghitung zat gizi dalam makanan. Yang dasar-dasar lah intinya. Nah ini menariknya, ini matkul pertama yang ada Tutorialnya. Apa itu tutorial? Semacam diskusi kelompok, dosen cuma jadi pe... pe apa ya? Pe...ngamat. Kali. wkwk, nah yang aktif tuh mahasiswanya. Sayangnya aku belum tutorial, tutorialnya entar akhir november~ Ohya, jika kalian beruntung, ada kuliah yang menyebabkan kalian harus makan :3 Gratis lagi wkwk

Nah, nah, nah. Itu dia 11 matkul di semester pertama di Gizi Kesehatan UGM. Mungkin tiap tahun dosennya bakal berubah-ubah dan materinya beda-beda. Tapi tetep semangat dan kuatkan niatmu masuk Gizi Kesehatan FK UGM!

Salam hangat dari calon dietitian masa depan,

Iffa Karina Permatasari (S.Gz)

Wassalamu'alaikum :)

You Might Also Like

4 comments:

  1. nice story, kak Iffa.. Thanks for this great informations.. :) i enjoyed it.. hehehe

    ReplyDelete
  2. kak Iffa makasih infonya sangat membantuu :)

    ReplyDelete
  3. kok ga ada lanjutanyakak ???lanjutin dong kak ...

    ReplyDelete
  4. anatomi ga ada praktikummnya di IK UGM kaaak... #siapalagiyangtua

    ReplyDelete

Coretan atau catatan kecil dari kamu akan sangat berarti buat penulis. Terimakasih :)