30DBC #11 - Mau Makan Apa?

Assalamu'alaikum.

Hi guys! Kembali lagi di 30 hari tantangan menulis blog dan aku berada di hari ke-11 dengan tema "10 makanan favorit".

Bentar-bentar, aku berasa lagi mengisi biodata di kertas binder teman SD yang berisi makanan favorit, minuman favorit, artis favorit, lagu favorit, warna favorit dan sebagainya dan sebagainya. Hahaha. Pernahkah kamu melalui masa itu?

Back to the topic.

Sepuluh makanan favorit ya... Mari kita mulai dari nomer 1! (Oh iya, ini nggak urut yaa, nomer 1/10 bukan berarti yang paling favorit, ini seingetku aja wkwk)

1. Mie Ayam & Bubur Ayam Bandung 59, Jogja


Huh, Fa. Dari awal masa udah curang. disuruh satu-satu kok malah ngeborong dua menu sekaligus.

Jadi, ini lokasi warung makannya emang di Jogja, tapi bapaknya jualan mie ayam dan bubur ayam Bandung, dan berbagai makanan khas Bandung lainnya.

"Mie Ayam Bandung 59 Beskalan" ini terletak di Jl. Beskalan, Kota Yogyakarta atau di salah satu gang di barat Malioboro. Hayo, bingung nggak barat utara selatan timur yang mana? Wkwk. Pokoknya, deket Malioboro.

Yammie manis disajikan dengan pangsit kuah

Yamie di tempat ini tu enak banget. Aku udah sampe berkali-kali makan yamie disitu dan tidak pernah bosan. Gurih dan manisnya pas banget. Mie-nya juga kecil-kecil kan (aku nggak suka mie ayam yang mie-nya gede-gede karena mudah enek dan soggy).

Bubur ayamnya juga enak banget woooy. Bubur ayam Bandung yang ini emang nggak ada kuahnya. Tapi buburnya sendiri udah gurih. Toppingnya walaupun terlihat gak banyak tapi ternyata mumpuni banget buat seporsi buburnya yang ngenyangin. Pas banget lah pokoknya :"""

Bubur Ayam Bandung tanpa Kuah
Kedua menu ini dibandrol dengan harga 18k/porsi. Memang rada pricey untuk harga makanan di Jogja. Cuman menurutku harga segitu worth banget untuk makanan yang seenak itu :")

Buka hari Selasa-Minggu, iya, Senin tutup. Jam 6 pagi-11 siang, terus tutup istirahat, buka lagi jam 16.30-21.00. Hari Minggu bukanya pagi doang tapi.


2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih (+ sate kambingnya), Jakarta

Ini udah terkenal banget deh. Terkenal enak dan ruameeeeeenya banget-banget.

Nasi goreng kambing bertopping emping

Bumbu nasi gorengnya pas, daging kambingnya empuk dan matengnya pas. Kalau mau pedes, bisa ditambahin acar atau apanya gitu yang pedes. Dan pedes banget itu wkwk (menurutku si lidah hambar ya). Porsinya juga gede kok. Kenyangggg dah.

Sate kambingnya juga enak banget parah. Empuuuuk banget, asli, heran aku tu sampekan.

Penampakan si sate kambing

Nasgor Kebon Sirih ini terletak di Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakpus. Buka tiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 2 pagi.

Harga nasi gorengnya 37k/porsi. Sate kambingnya 60k/porsi, tapi bisa beli setengah porsi (5 tusuk) harganya 30k.

3. Bubur Gudeg Bu Manto, Sleman

Ini makanan sudah bikin aku jatuh cinta sejak sebelum aku jadi warga Jogja. Kampung halamanku sebenarnya ada di Jogja, dan pernah suatu kali bapakku ngajak sarapan di ibu-ibu di pinggir Jalan Kaliurang yang jualan gudeg basah. Biasanya kan makan gudeg pake nasi, tapi ibu-ibu ini jualan bubur juga. Wah menarik kan. Dan aku langsung jatuh cinta pada suapan pertama. Wkwkw.

Kan gudeg blenyek gitu yak? Emang enak sama bubur?

ENAAAAAAK. I DONT KNOW HOW CAN I EXPRESS HOW MUCH I LOVE BUBUR GUDEG :')

Favoritku ada dua, pertama Gudeg Bu Manto ini, letaknya di Jalan Gejayan deket lampu merah Gejayan-Ring Road Utara. Yang kedua ada gudeg yang aku belum tau nama ibunya, tapi si ibu jualan di perempatan Kentungan (Jalan Kaliurang-Ring Road Utara), di deket ruko dazzle/sebrang Cemara Seven. Hampir semua bubur gudeg basah ini bukanya hanya pagi. Kalau yang Gejayan buka dari jam 7an-habis. Kalau yang Kentungan, buka dari jam 6an deh kayaknya. Dan yang Kentungan ini jualan buburnya cuman hari Minggu. Kalau selain hari Minggu, tetep jualan gudeg basah tapi pake nasi, nggak bikin bubur.

Bubur, gudeg, krecek, daun, telor + areh

Ohiya, si bubur gudeg ini terdiri dari bubur nasi, gudeg, sambel krecek, daun singkong, bisa ditambah berbagai pilihan lauk seperti suwiran ayam, tahu, telor, dan jeroan. Kombo favoritku adalah bubur + gudeg + krecek (dikit, karena aku ga suka pedes wk), daun, sama telor/tahu.


4. Tahu Susu Lembang, Bandung

Ini definisi jatuh cinta pada gigitan pertama juga. Aku inget banget dulu lagi ke Bandung waktu SMP buat olimpiade bio. Waktu itu aku berangkatnya sama 1 guru SMPku dan ibuku juga ikut. Setelah urusan olim-nya kelar, kita sempet plesir, salah satunya nyobain Tahu Susu Lembang ini.

Credit: @cici.adek.kuliner

Pas aku makan, beuh, ENAK BANGET. Lembut banget tahunya parah :"))) Kayaknya itu langsung aku habisin. Karena masih anget enak banget gitu lah :') Sampe aku bingung "pake susu sepowerful ini ya sampe tahu bisa jadi enak banget gini"

Sejak saat itu aku selalu rindu Tahu Susu Lembang. Dan aku berhasil mengobati rindu hampir 10 tahunku itu dengan main ke Bandung tahun lalu dan ke Lembang buat beli tahu susu-nya.

Harganya 15k/dus isi 10 kalau nggak salah. Dan rasanya belum berubah <3 Aku masih cinta tahu susu lembang <3


5. Soto Betawi

Soto terfavoritku adalah soto betawi! Iya, aku lama besar di Bekasi, jadi terpapar dengan Soto Betawi. Soto Betawi itu isinya daging (bisa ayam juga sih), ada tomat, kentang, dan emping. Yang bikin beda, soto betawi ini pake santan, jadi kuahnya nggak bening. Dan yang bikin unik lagi, soto betawi ini kudu disajikan dalam keadaan hangat terus. Jadi disajiinnya di atas lilin kecil yang dinyalakan apinya tentu saja.

SoBet (Soto Betawi) Bang H. Pitung (Credit: Keeem Ref, Google Local Guide)

Aku paling seneng kalau ibu masak soto betawi. Aku juga seneng banget waktu tau ada warung soto betawi di Jogja. Walau jalannya nggak familiar, tapi tetep ku terjang demi makan soto betawi otentik lagi.

Di Jogja, tempat makan soto betawi favoritku adalah Soto Betawi Bang H. Pitung. Dulu pertama kali ada di deket Lempuyangan. Kemudian buka di Jl. Monjali, deket Hotel Tentrem. Lebih dekat hurray.

Harganya 13.5k/porsi soto. Belum termasuk nasi/lontong yang harganya 3k atau 3,5k aku sampe lupa wkwk. Fav!

6. Sate Padang

Panganan daerah lain yang aku juga suka banget ini berasal dari Padang, seperti namanya. Sate Padang. Dulu aku pertama kali makan sate padang ya di Bekasi. Ibu yang suka beli dan aku nyicipin. Walaupun sejatinya aku gak suka pedes, tapi sate padang kok ya enak banget sih :((

Aku masih inget juga sepulang les matematika di Kompas, terus makan sate padang sama temen-temen SMAku di warung sate padang deket rel kereta. Wkwk. Alhamdulillah ya masih inget.

Sate Padang (Credit: wikipedia)

Sate padang ini beda sama sate ayam biasa tentunya. Sate padang biasanya isinya lidah & daging sapi, dan jeroan lainnya. Bumbunya kentel dan rasa pedasnya muncul dari bumbu satenya ini. Sate padang juga biasa dinikmati dengan keripik pedesnya Padang. Aku kadang-kadang makan, kadang-kadang enggak. Suka nggak kuat tuh wkwk. Tapi sebenernya semua itu enak :(( Ohiya, sate padang biasa dimakan dengan kupat.

7. Mushroom Cream Soup

Kalau yang ini adalah cinta lama belum bersemi kembali. Aku punya satu sup krim jamur spesifik yang aku suka banget banget banget.

Waktu masih tinggal di Bekasi, aku beberapa kali main ke Blok M/Pasaraya Grande yang terletak di Jaksel. Nah, disana ada sebuah resto dengan berbagai menu makanan asian dan western gitu. Aku dan kakakku waktu itu pesen sup krim jamur yang diwadahi roti. Jadi mangkoknya itu roti, bisa dimakan. Lucu kan?

Kurang lebih seperti ini. Credit: google maps

Pas aku cobain, baakhh, rasanya enak banget. Gak ada duanya. Sampe-sampe aku belum pernah nemu sup krim jamur yang rasanya percis sama kayak sup krim jamur di resto itu. Aku baru menemukan yang mirip itu setelah kuliah kemudian sempet makan sup krim di Fish n co. Itu juga sup krim jamur dan enaknya tu mirip yang di Blok M itu. Tapi aku masih tetep mau makan yang original.

Kata kakakku, restonya udah nggak ada di Blok M (setelah sekian tahun nggak pernah kesana lagi). Tapi dia pindah jadi resto bangunan sendiri di daerah Pejaten, masih Jaksel. Namanya Soeryo Cafe. Both me and my sister nggak ingat nama restonya yang waktu di Blok M itu, sedih banget ya. Tapi, kakakku menduga kalau itu adalah resto yang sama dengan yg dulu di Blok M.

Aku sempat main ke Jakarta Desember lalu. Dan baru keinget mau nyicipin sup krim itu pas kebetulan makan di Fish n Co lagi. Dan kebetulan lagi, si resto ini tutup pas tahun baru (hari itu), dan besoknya aku dah pulang Jogja. Belum rejeki :( Jadi, cinta lama belum bersemi kembali. Semoga kesampean tahun ini :(

8. Fettuccini Carbonara 

Fettucini Carbonara di Dixie, Jogja. Credit: my own photo untuk Google Local Guide

Ini adalah varian pasta wajibku wkwkw. Aku suka banget pasta. Makaroni, spageti, fetucini, penne, lasagna, everything aku suka. Dimasak apapun juga enak, kecuali aglio olio, aku gak suka pedes dan nggak terlalu suka yang oily. Tapi kombinasi favoritku adalah Fettucini Carbonara. Creamy dan fettucini sulit untuk jadi soggy. Perfecto.

9. Topoki

Sekarang makanan Korea! Aku sudah beberapa kali makan makanan Korea di berbagai tempat dan cintaku jatuh pada jajanan pinggir jalannya yaitu topoki!

Topoki ini adalah kue beras, berbentuk silinder, yang dimasak dengan bumbu merah pedas kental khas Kuriya.

Toppokki di Hanbingo, Jogja

Pedes? Lagi? Tahan Fa?

Jadi sodara-sodara, bumbu pedesnya Korea ini beda rasa pedesnya dengan pedesnya sambel Indonesia. Pedesnya Korea itu nggak langsung nyegrak kayak sambel/geprek. Tapi sama-sama nagih. Dan aku lebih ketagihan sama pedesnya bumbu topoki wkwk.

10. Masakan Ibu

Last but never the least. Masakan ibu. Anything. Everything. Will always be my favorite. Tidak ada yang menandingi masakan ibu yang penuh kasih sayang <3 Ea ea.

And that's it! Ten! For today! Akhirnya kelar juga ini nulisnya. Semenjak aku vakum, nyari mood buat nulis ini sulit banget :(( Wish me luck so I can finish my own challenge, LOL.

See you on the next post!

Setelah menulis ini, taunya aku baru inget kalau aku belum nulis kerang. Aku juga suka makan kerang esp. kerang ijo. Dan kerang srimping juga. Sip.

Comments

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Coretan atau catatan kecil dari kamu akan sangat berarti buat penulis. Terimakasih :)