Jogja-Solo-Jogja In One Day!

12:16 PM Iffa Karina 0 Comments

Assalamu'alaikum para pembaca ^^

Masih dalam suasana lebaran jadi lagi-lagi mohon maaf lahir dan batin ya! Ini aku baru pulang dari Semarang (sebenernya kemaren), tapi mau nulis boleh kan ya?

Kejadian terjadi pada hari kedua lebaran, 9 Agustus 2013. Kalo gak salah ya *ditimpuk readers*

Aku dan kakakku dibangunkan pagi-pagi oleh ibu karena sekitar jam setengah 7, kita bakal pergi ke makam eyangnya bapak, atau bapaknya eyang.... sama aja sih sebenernya hahaha [Apaansih lo fa]. Makamnya terletak di Krebet. Cukup jauh dari rumah.

Setelah mandi singkat, dan berpakaian, tante dan omku datang dengan mobil. Dan kita berangkat!

Nah, sebenernya perjalanan kali ini rada maksa. Soalnya tadinya, kalo cuma 1 mobil, cuma bapak sama ibu yang ikut, aku sama kakak ditinggal di rumah. Tapi kata bapak, ikut semua aja. Dan jadilah mobil sedan yang maksimal diisi oleh 5 orang.... ditumpangi oleh 6 orang! Maap ya mobil :"

Di depan ada bapak yang menyetir, Om Hamid di sampingnya. Dibelakang ada Tante Ani, kakak, aku, ibu. Karena stiker "paling muda dan kecil" (yang sebenernya gak ada) menempel di jidatku, aku diamanahkan untuk duduk rada depanan. Macam nyempil gitu deh :3

Perjalanannya gak terlalu nyiksa kok.Karena cuma sebentar dan sudah terlihat kebun tembakau, jagung, cabe dan lain-lainnya. Subhanallah! Indonesia itu kaya. Kenapa masih impor? :")
Kebun cabe, liat cabenya gak?
Sampai di makam, membersihkan makan dari rumput liar dan berdo'a. Setelah itu cuci tangan kaki dan masuk lagi ke mobil! Tapi sebelum pulang kita mau ke rumah.... kerabat bapak dan tante ani lah pokoknya ._. Gak jauh kok.

Disana ada rumah kecil, bukan rumah juga sih soalnya isinya kosong. Cuma ada kursi panjang dari kayu dan bambu, dan beberapa figura berisi kenangan-kenangan lama. Disana nampak Tante Ani bernostalgia :')
Gadis kecil cantik disebelah pohon yang ia tak tahu apa namanya
Setelah foto-foto, kita dibawakan singkong ketan. Jadi itu singkong atau ketan? Singkong kok, tapi sih katanya rasanya kayak ketan~ Dan daun singkongnya juga dibawain.

Setelah itu kita pulang! ^^

[Katanya jogja-solo-jogja, mana solo-nya?]

Sabar, sabar. Ohiya tadi Krebet itu masih di Jogja loh ;)

Solo? Berawal dari... entah aku lupa... yang jelas mau ngunjungin... seseorang yang dipanggil Tante Ani dengan sebutan Mbak Tuti, jadi aku manggilnya apa? ._.

Rumah beliau terletak di Solo. Dan bapak langsung nyeletuk, "Mau ke Solo?". Dan dalam hatiku rada shock gimana gitu. Soalnya kayaknya gampang banget mau ke Solo mueheheh :3

Aku keingetan Falda, yang sedang berada di Solo, di rumah neneknya, dan ia akan sekaligus mengenyam pendidikan di UNS (Universitas Negeri Surakarta), yang ada di Solo juga. Aku sms dia dan ternyata dia ada di Karanganyar. Dan sejujurnya aku gak tau itu ada dimana ...

Jogja-Solo memakan waktu cukup lama. Terlebih macet karena arus mudik. Pertama kita melewati Candi Prambanan, sekaligus perbatasan antara Jogja dan Klaten. Dan hup! Aku ada di Klaten! [Apaansih fa]

Waktu menunjukkan pukul sepuluh lewat, hampir setengah 11. Dan mata kami semua tertuju pada kiri jalan, sedang mencari warung makan yang berjualan soto ayam. Karena bapak belum sarapan. Dan bapak sedang menyupir, bahaya kalo supir lapar.

Tapi kata bapak, "Lebih bahaya kalo supir kenyang, hahahha" Bener juga sih ._. Intinya makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang! ^^

Sampai pada akhirnya kita berhenti di suatu warung Soto Lamongan. Tempatnya kayak... hm... joglo? Err... pedesaan lah pokoknya, tapi sepi. Dan bapaknya yang menjaga warung itu hanya sendiri! Well, namanya juga hari kedua lebaran. Semangat pak! '-')9

Setelah makan melaju sedikit menuju masjid di daerah Demangan. Eh namanya Demangan bukan ya? Aduh kecil-kecil pikun ik piye :<

Berhubung hari itu hari Jum'at, aku jadi ikut solat Jum'at juga! Wiiih udah 3 tahun aku gak ikut solat Jum'at dan akhirnya aku solat Jum'at lagi ^^ Dan setelah kita solat Jum'at, kita melanjutkan perjalanan lagi~

1 kata untuk Klaten. LUAS. Entah kenapa dari ujung sana sampe ujung sana *nunjuk asalasalan* semuanya Klaten. Klaten apalah, klaten utara lah ._. Setiap aku gak mandang jalan lalu memandangnya kembali, pasti masih Klaten :')

Sampai akhirnya~~

KARTASURO! Wuhuuuu! Aku sih gak tau itu Klaten atau Solo, yang jelas kalo Kartasuro dibalik kan jadi Surakarta. Nah, UNS kan Universitas Negeri Surakarta... Udah deket dong? *loncat-loncat kegirangan*

Dan akhirnya aku melihat tulisan "SOLO" di salah satu spanduk warung warung terdekat. Wihiiiiiiii *tebar pompom* Namun belum selesai. Nampaknya Tante Ani dan Om Hamid lupa... dimana rumah "Mbak Tuti" ada dimana. Kita sempat salah jalan, akhirnya kembali ke jalan yang benar (?) setelah membeli buah di dekat stasiun Purwosari. Setelah itu... sampe di rumahnya!

Waaah rasanya bisa berdiri itu luar biasa banget, guys! Memang bahagia itu sederhana :')

Setelah itu kita dijamu dengan berbagai makanan dan minuman. Walaupun semangkuk soto dan sepiring nasi udah masuk perut, tetep aja disantap muahahaha. Terlebih lagi "Mbak Tuti" ini punya catering, dan sudah terkenal dimana-mana. Gak dimana-mana juga sih... di Solo lebih tepatnya.

Nah, disini aku bener-bener kenyang. Belum lagi oleh-oleh yang dibawakan untuk dimakan di rumah. Setelah menunaikan solat Asar, akhirnya kita beranjak pulang... Tidak sebelum kita makan salad solo yang baru dimasak ;9 Bener bener serasa raja!

Setelah foto, kita beneran pulang dengan plastik tentengan di tangan. Setelah dimasukkin di bagasi, kita pulang!

Mulailah keadaan suram itu ._. Ya... dimana aku harus duduk nyempil :') Tapi gak papa asal selamat sampe rumah. Daripada ditinggal di Solo hayoo? Gak tau rumah Falda lagi wkwk

Diperjalanan ibu sempat menawarkan untuk menukar tempat duduk. Tapi aku gak nyaman dan akhirnya aku kembali nyempil.

Kami sampai di jogja sekitar jam 6 lewat seperempat, tepatnya di masjid depan Candi Prambanan. Tepat di perbatasan. Masjidnya bagus, Subhanallah. Selain itu mukena+karpetnya wangi stoberi #ciyus

Setelah itu sampai di Condong Catur sekitar jam 7-an. Hampir setengah 8. Kita mampir dulu di rumah sodaranya Om Hamid, yang kebetulan deket sama monumen pahlawan. Setelah berbincang sedikit dan menyeruput teh hangat, kita pulang ke rumah.

Aaah lelah banget hari itu. Aku langsung menghempaskan tubuh di kasur. Menikmati karunia Allah yang luar biasa.  Setelah berdempet-dempetan di mobil. Bahagia itu sederhana guys.

Ohiya, pas aku di Solo, aku sempet ngeliat halte bis kayak TransJogja gitu. Mungkin itu TransSolo kah? Keren! Dan kata mas.... hah aku lupa siapa namanya... ._. pokoknya ada bis tingkat dua! Macam di Inggris gitu. Kyaaa~ Pengen banget naik! Sayangnya cuma beredar sekali sehari untuk keperluan wisata~

Falda, kalo gue ke Solo, ajak gue naik bis itu yah! ^^

Perjalanan yang cukup melelahkan namun tentu saja mengasyikkan. Dan tentu aja bersilaturahmi sama keluarga! Bikin panjang umur, InsyaAllah :D

Sekian post kali ini~ Salam hangat seperti sosis solo renyah yang baru digoreng~

Wassalamu'alaikum :)

You Might Also Like

0 Coretan:

Coretan atau catatan kecil dari kamu akan sangat berarti buat penulis. Terimakasih :)