Health Nutrition #2

8:32 PM Iffa Karina 0 Comments

Assalamu'alaikum. Mari kita bersihkan debu di blog ini sebelum saya memulai post ini. *tiup* *tiup* *bersin*

Apaansih, Fa.

Oke abaikan kegajean saya di atas. Hari ini saya muncul atas permintaan seorang reader di post saya pada zaman baheula, "Health Nutrition". Post tersebut ditulis pada tanggal 9 November 2013. W.e.w.

It's been three years. Jika readers pengen tau kelanjutan post itu, mungkin akan jadi sangat panjang. Karena banyak yang saya pelajari selama 3 tahun kebelakang. Mungkin di waktu mendatang akan ada "Health Nutrition #3" "Health Nutrition #4" dan seterusnya tergantung tingkat kerajinan saya dalam menulis wkwk.

Hmmm, bagaimana cara menulisnya ya? Harus ditulis per matkul banget? Sepertinya aku udah lupa kalau harus detailed deh hahahaha. Kita coba dulu ya...


Semester 2.

Semester 2 merupakan semester yang hectic. Katanya sih, semester genap itu terhectic, sementara semester ganjil terselo. Tapi peraturan tersebut tidak berlaku sejak semester 5 ke atas, karena udah hectic semua.

Semester 2 itu kita mulai ngerasa geregetnya gizi. Ada matkul analisis zat gizi (AZG). Buat kamu yang suka ngelab, mesti seneng deh di matkul ini. Semester 2 merupakan semester yang banyak praktikumnya. Dan tentunya banyak laporannya juga. Salah satu praktikumnya adalah di matkul AZG ini. Kita bisa ngukur kadar vitamin, protein, karbo, lemak. Terus kalo di lecture-nya sih diajari cara ngetes borax dan kawan-kawannya, tapi nggak dipraktekin.

Praktikum lain di semester ini tuh ada namanya "Ilmu Bahan Makanan". Kalau pas praktikum ini sih biasanya balik-balik kenyang. Jadi, kita kudu tau bahan makanan itu ada apa aja (eng....) terus karakteristiknya, kalau dimasak nanti penampilan/rasa/aroma-nya berubah atau nggak, nanti nilai gizinya ada yang ilang atau nggak. Kurang lebih seperti itu. Enaknya kalau praktikum IBM topiknya protein, yang bisa dimaem banyak. Daging, ayam, telur, makanan olahan kayak sosis, yoghurt~ yumm~~~ Sayangnya, mata kuliah ini banyak ngapalnya hix.

Kalau yang nyerempet-nyerempet kedokteran ada "Fisiologi". Yang dipelajari terkait fungsi dan mekanisme kerja masing-masing organ. Praktikumnya juga menyenangkan.

Di semester 2 kita juga masih belajar yang sifatnya sosial, diantaranya adalah sosiologi, komunikasi dasar, manajemen dasar dan antropologi budaya makanan. Pastinya, skill-skill tersebut dibutuhkan untuk menunjang pekerjaanmu sebagai ahli gizi. #eak Oh iya, ada juga matkul Bahasa Inggris Terapan. Why "terapan?" Karena materi yang diajarkan tetap berkaitan dengan gizi. Bener-bener bermanfaat dah.

Semester 3.
Baru juga semester 3 tapi rasanya sudah lelah menulis hahaha. Kelamaan hiatus sih, Fa. Oke, kita lanjutkan.


Oh ya, I forgot something. Kalau di semester 2 bakal ada matakuliah namanya "Gizi Makro". Singkatnya, zat gizi itu terbagi dua, makro dan mikro. Zat gizi makro itu ada karbohidrat, protein dan lemak. Sementara zat gizi mikro berupa bermacam-macam vitamin dan mineral. Nah, di semester 3 ini, kita bakal mengupas tuntas hal-hal yang berkaitan sama sekawanan vitamin dan mineral itu.

Skill pergizian kita akan mulai diasah di semester 3 ini. Ada mata kuliah namanya "Penilaian Status Gizi". Nah, nah apa itu? Kita bakal diajarin cara nimbang berat badan yang bener, ngukur tinggi badan yang bener dan lain sebagainya. Kalau istilah kerennya mah.. "asesmen gizi" yang baik dan benar.

Selain itu, kita juga belajar tentang kemasyarakatan seperti "Ilmu Kesehatan Masyarakat" dan "Sistem Pelayanan Kesehatan". Macam sistem di rumah sakit, posyandu dan lain sebagainya. Matkul terkait sosial lainnya tuh ada "Dasar Pendidikan dan Pelatihan" dan "Ekonomi Mikro". Nah nah, anak saintek juga belajar ekonomi? Wuh iya dong. Di matkul ini, salah satu materinya adalah... "ekonomi rumah tangga"! KURANG ISTRI-ABLE APA LAGI COBA MAHASISWI GIZI? NTAPS.

Tidak lupa, semakin tambah semester harusnya semakin greget lah ya? Yeps. Di semester 3 kamu bakal ngerasain praktikum memasak! Cihuy! Kita juga diwajibin punya celemek yang kembaran seangkatan, lucu banget nggak sih? Praktikum memasaknya masak apaan tuh, Fa? Judul mata kuliahnya adalah "Gizi Kuliner". Menarik banget gak sih? Kita bakal diajarin makanan nusantara, asia dan kontinental. Nggak lupa, kita juga bakal masak dengan semua tema itu. Beuh, bahagia banget karena kita bisa milih mau masak apa. Walaupun temanya tiap kelompok tetep ditentuin dari akademik sih. Tapi it's definitely FUN! And you have to cook in a full course. Waktu tema besarnya "Asia", aku dapet negara Cina. Our group decided to cook these ....
Appetizer : Scallion Pancake ala Kelompok 10 GizKul

Main Course : Seafood Soup ala Kelompok 10 GizKul
Dessert : Almond Jelly ala Kelompok 10 GizKul
Gimana? Ngiler enough? Pengen? Sudah mantab mau masuk Gizi Kesehatan UGM? Cus!

Hum, mungkin segini dulu aja kali ya. Kalau aku describe sampai semester 7 mungkin ngepostnya bakal setahun lagi hahaha. Ini juga cuman bocoran aja buat kamu kamu yang masih nyari pertimbangan buat masuk gizi UGM. Kurang menyenangkan apa lagi coba? Hihihi.

See ya at the next post!

Wassalam.

You Might Also Like

0 Coretan:

Coretan atau catatan kecil dari kamu akan sangat berarti buat penulis. Terimakasih :)